Tugas 2 MPPL C 2020

 

   Siklus Manajemen Proyek

 

Initiation Stage

Identification of the problem

Memperbaiki sistem Kepegawaian ITS (SIMPEG ITS), dengan tampilan dan design yang

lama membuat para pegawai yang menggunakan sistem merasa kesulitian, dan ada

beberapa sistem yang perlu dirombak dikarenakan terasa sangat menyulitkan bagi pengguna.

Identification of the scope

Untuk pengguna adalah Pegawai, dosen, dan tendik yang bekerja di ITS

Identification of Deliverables

Deliverables dari aplikasi sistem kepegawaian ini adalah aplikasi manajement data yang

digunakan untuk para pegawai, dosen, dan tendik di ITS. 

Identification of the project stakeholders

Stakeholders pada proyek ini adalah pegawai, dosen, dan tendik.

Development of a business case

Business case dari proyek ini ada beberapa macam, untuk bagian yang saya kerjakan adalah

untuk para pegawai untuk bisa melakukan absensi dan pengecekan absensi, mendata PAK

dosen, dan mengetahui tentang informasi para pegawai.


Planning Stage

Identification of the the project timeline

Proyek ini dilaksanakan selama 6 bulan. Dalam bulan pertama kami melakukan brainstorming

untuk mengetauhi sistem yang akan dirombak dan melakukan pengecekan apakah sistem

masih layak digunakan atau tidak, pematangan konsep dasar, prototyping sistem,

pengembangan sistem, testing, dan pada akhirnya melakukan serah terima dengan client.

Creation of workflow documents

  • Persetujuan fitur dan scope

  • Melakukan riset dari sistem sebelumnya

  • Prototyping sistem

  • Pembuatan sistem

  • Testing dan revisi sistem

  • Finishing sistem

Estimation of budgets

Budget yang diperlukan adalah Rp20.000.000,00. Budget tersebut akan digunakan untuk

menutupi kebutuhan team pengembang, penyewaan server, jasa pembuatan sistem ini, dan

pembelian lisensi software yang digunakan.

Gathering resources

Resource atau sumber daya yang diperlukan untuk proyek pengembangan aplikasi SIMPEG

ITS ini adalahh laptop beserta peripheral, serta sumber daya manusia sebanyak 5 orang yang

meliputi programmer front-end dan back-end, dan designer.

Risk anticipation

Risiko yang terlibat dalam proyek SIMPEG ITS adalah keterlambatan pengembangannya,

sehingga tidak memenuhi waktu yang ditentukan, dan peningkatan sistem dan pembaharuan

sistem yang mendadak yang diharapkan oleh pemimpin proyek.


Execution Stage

Creating tasks and organizing workflows

Tugas dalam proyek aplikasi permainan ini dibagi menjadi 3, yaitu Programming front-end dan

back-end, dan design.

Explaining tasks to team members

Tugas dan pembagian langsung ditentukan oleh ketua proyek.

Communicating with team members

Komunikasi dilakukan setiap sore untuk menjelaskan progress dan kesulitan dari setiap

individu. Sedangkan untuk rapat dilakukannya setiap seminggu sekali.

Monitoring

Monitoring proyek dilakukan setiap seminggu sekali, ketika diadakannya rapat dengan

anggota team.

Managing budget

Budget pada proyek ini akan dimanage agar memastikan proyek berjalan dengan baik dan

lancar, untuk memenuhi kebutuhan primer dari anggota team.


Closure

Determining the goals

Goals dari proyek ini adalah untuk para user dapat menggunakan sistem secara maksimal,

dengan memudahkan dengan tampilan yang lebih nyaman dan mudah digunakan oleh user.

Evaluation of the team's performance

Selama pengerjaan SIMPEG ITS ini, semua berjalan dengan baik walaupun keterlamabatan

dengan timeline/deadline yang telah ditentukan dikarenakan user testing susah dihubungi.

Making sure that all aspects of the project are completed & providing reports to key stakeholders

Pada akhir proyek akan diserahkan laporan akhir dari SIMPEG ITS dan akan diadakan demo

kepada Stakeholder. Demo tersebut akan ditampilkan dan dilakukan penilaian apakah sistem

yang baru dapat diaplikasikan atau tidak.

Conducting a final analysis of the project

Program yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan user.

 


Comments

Popular posts from this blog